Hambatan-Hambatan dalam Membaca

-->
Guruberbahasa.com- Hambatan-Hambatan Membaca
Pada saat anak belajar membaca, ia mengenal kata demi kata, mengejanya, dan membedakannya dengan kata-kata lain. Anak juga harus belajar dengan bersuara, mengucapkan setiap kata dengan penuh agar dapat diketahui apakah ia benar atau salah. Selagi belajar, anak juga diajari membaca secara struktural, yaitu dari kiri ke kanan dan mengamati tiap kata dengan seksama pada tiap susunan yang ada. Oleh karena itu, pada waktu membaca anak melakukan kebiasaan berikut. 

(1) menggerakkan bibir untuk melafalkan kata yang dibaca, (2) menggerakkan kepala dari kiri ke kanan, (3) menggunakan jari atau benda lain untuk menunjuk kata demi kata.

Secara tidak disadari, kebiasaan-kebiasaan tersebut diteruskan hingga dewasa. Semestinya, orang dewasa dapat dengan cepat mengenali frase, kalimat, dan urutan ide sehingga cara-cara di waktu kanak-kanak tidak perlu lagi digunakan.

Menurut Soedarso (2006: 5) yang menjadi penghambat membaca cepat adalah sebagai berikut.

(a)  Vokalisasi

Vokalisasi atau membaca dengan bersuara adalah sangat memperlambat membaca, karena hal itu berarti mengucapkan kata demi kata dengan lengkap. Menggumam, sekalipun dengan mulut terkatup dan suara tidak terdengar, jelas termasuk membaca dengan bersuara.

(b) Gerakan bibir

Menggerakkan bibir atau komat-kamit saat membaca, sekalipun tidak mengeluarkan suara, sama lambatnya dengan membaca bersuara. Kecepatan membaca bersuara ataupun dengan gerakan bibir hanya seperempat dari kecepatan membaca secara diam.

(c) Gerakan kepala

Semasa kanak-kanak penglihatan kita masih sulit menguasai seluruh penampang bacaan. Akibatnya adalah kita menggerakkan kepala dari kiri ke kanan untuk dapat membaca garis-garis bacaan secara lengkap. Setelah dewasa, penglihatan kita telah mampu secara optimal sehingga seharusnya cukup mata saja yang bergerak. 

(d) Menunjuk dengan jari

Semasa baru belajar membaca kita harus mengucapkan kata demi kata apa yang kita baca. Untuk menjaga agar tidak ada kata yang terlewati maka diperlukan bantuan jari atau pensil untuk menunjuk kata demi kata. Cara membaca seperti ini sangat menghambat membaca sebab gerakan tangan lebih lambat daripada gerakan mata.   

0 Response to "Hambatan-Hambatan dalam Membaca"

Post a Comment

Silakan Tulis KOMENTAR yang tidak mengandung SARA DAN P*RN*GRAFI.