Loading...

CONTOH RESENSI BUKU NON FIKSI YANG SINGKAT (TERBARU)

Guruberbahasa.com- CONTOH RESENSI BUKU

Olahraga, Beramal, dan Mengubah Hidup dengan Senyuman
 

Judul Buku  : The Magic Smile "Senyum Kekuatan Sihir yang Mengubah Hidup Anda"
Pengarang   : Athif Abul ‘Id
Penerjemah : Irwan Raihan
Penerbit      : Al-Jadid
Jumlah Halaman : 108 Halaman
Tak seorang pun yang dapat mengungkiri sihir senyuman dan efeknya
terhadap orang lain maupun efek terhadap seorang yang senyum itu. Betapa banyak senyuman yang membuka hati dan memengaruhi orang lain. Senyum memperlihatkan perilaku sederhana, tapi jika kita lihat hakikatnya, senyum itu memunyai perilaku kompleks yang memikat.

Secara psikis senyum itu terdiri dari banyak makna. Ada senyum jujur, palsu, senyum yang menunjukkan kemarahan dan lain-lain. Di buku ini dibahas  semua macam senyuman. Kita bisa tahu mana yang namanya senyum ideal itu. Di buku ini anda akan mengetahui arti senyum seseorang pada Anda. Anda berminat? Di bagian pertama buku penulis menuturkan tentang jenis-jenis senyuman yang ragamnya sampai dengan  delapan belas. Senyuman jujur jadi satu-satunya pilihan terbaik dan kunci dari kebahagiaan hakiki. Kalau sudah membaca, Anda akan dapat menguasai salah satu elemen tubuh paling penting. Senyuman.

Bagian kedua, dipaparkan tentang kemampuan senyuman jujur yang bisa memebuka hati yang terkunci dan bisa memengaruhi orang lain. Dipaparkan juga tentang bantahan terhadap sangkaan orang bahwa bermuka masam itu melambangkan keteguhan dan kebijaksanaan seseorang. Semua dipaparkan dengan fragmen-fragmen yang nyata dari orang-orang yang berhasil memebuka hati orang lain yang memengaruhi mereka. Ada juga bagian ketiga. Di sini penulis buku mengajak kita untuk berbincang tentang segenggam manfaat senyuman yang menyebarkan atmosfer kebahagiaan, senyuman dan cita-cita, terus kemampuan senyuman untuk memperkokoh rasa percaya diri, senyuman yang juga merupakan jalan kesuksesan dan keuntungan yang meyakinkan.

Lanjut lagi kebagian keempat yang judulnya ‘senyuman dan kesehatan fisik-psikis, penulis buku mengetengahkan berbagai pendapat masih tentang senyuman dari berbagai ahli psikologi tentang pengaruh dan efektifitasnya, yang secara magis bisa memengaruhi kesehatan jiwa. Disini juga ada bahasan yang esensinya tentang pengaruh senyum terhadap kesehatan, baik secara umum maupun secara khusus yang berkaitan dengan hati. Juga pengaruhnya terhadap kemampuan otak dan lainnya yang berupa makna yang menyenangkan.

Ke bagian kelima judulnya ‘keluarga senyum’. Di bagian ini penulis lebih konsentrasi memebahas senyum dalam ruang lingkup keluarga. Fondasi dasar yang paling sederhana dari seseorang. Penulis bercerita tentang pengaruh istri yang tersenyum di hadapan suami. Apakah hanya senyuman isteri yang bisa dinilai pengaruhnya? Apakah senyuman suami tidak bisa?. Ibu yang handal, yang mampu tersenyum dalam membesarkan anak-anaknya merupakan suatu manifestasi positif yang mampu mencerdaskan generasi penerus bangsa. Interaksi-interaksi yang dilahirkan dari sebuah senyuman membuat suatu ruang yang damai secara fisik maupun psikis. Di akhir bahasan, penulis mengambil kesimpulan dari apa yang sudah dibahasnya. Senyuman jujur yang muncul dari dalam hati merupakan kunci pengubah hidup Anda semua.

Luar biasa buku motivasi satu ini. Bisa membimbing kita menjadi manusia yang memiliki kunci-kunci pembuka hati, menjadikan kita sebagai orang yang dirindu, disukai, dan dicintai semua orang. Selain itu, bisa menuntun kita menyelesaikan masalah kehidupan hanya dengan senyuman,  membuat kita, keluarga, dan lingkungan selalu sehat baik jasmani maupun rohani dengan senyum.


Jika anda membaca, pasti raut muka anda akan senyum-senyum sendiri. Ilustrasi-ilustrasi cerita pengalaman seseorang yang menarik pembaca akan semakin menambah citra buku ini. Kurangnya ilustrasi pada buku inilah yang sedikit agak menjenuhkan pembaca yang dasarnya memang kurang menyukai membaca.


Bagi Anda yang ingin mengubah hidup  dengan tidak merogoh kantong terlalu dalam, yaitu hanya dengan senyum, buku ini tepat untuk dibaca. Dahsyat ! Hidup Anda akan senantiasa menyenangkan. Tidak perlu memiliki jabatan yang bergengsi dan bekerja di tempat berdasi. Milikilah senyum yang jujur. Jangan sekadar senyum!
-
Loading...