Iklan
Home » » Keunggulan dan Karakteristik Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran

Keunggulan dan Karakteristik Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran

Written By Mohammad Ridwan on 8 May 2016 | 10:04

Guruberbahasa.com-  Keunggulan dan Karakteristik Pendekatan Kontekstual

Keunggulan Pembelajaran Kontekstual Menurut Paulo Freire (1987:36)  ada  beberapa keunggulan dari pembelajaran  kontekstual adalah sebagai berikut. 

1. Pembelajaran  menjadi  lebih  bermakna  dan  riil.  Artinya  siswa  dituntut untuk  dapat  menangkap  hubungan  antara  pengalaman  belajar  di  sekolah dengan kehidupan nyata. Hal ini sangat penting, sebab dengan dapat mengorelasikan materi yang ditemukan den gan kehidupan nyata, bukan saja bagi siswa materi  itu  akan  berfungsi  secara  fungsional,  akan  tetapi  materi  yang dipelajarinya  akan   tertanam   erat   dalam   memori   siswa,   sehingga   tidak  akan   mudah  dilupakan. 

2. Pembelajaran  lebih  produktif  dan  mampu  menumbuhkan  pen guatan konsep  kepada siswa karena metode pembelajaran CTL menganut aliran konstruktivisme, dimana seorang siswa dituntun untuk menemukan pengetahuannya  sendiri.  Melalui  landasan  filosofis kontruktitivisme  siswa diharapkan belajar melalui mengalami bukan menghafal. 

3. Kontekstual  adalah  model  pembelajaran  yang  menekankan  pada  aktivitas siswa secara penuh, baik fisik maupun mental.

4. Kelas dalam pembelajaran  kontekstual bukan sebagai tempat untuk memperoleh  informasi,  akan  tetapi  sebagai  tempat  untuk  menguji  data hasil temuan mereka di lapangan. 

5. Materi  pelajaran dapat  ditemukan  sendiri  oleh  siswa,  bukan  hasil pemberian  dari guru. 

6. Penerapan     pembelajaran     kontekstual     dapat     menciptakan     suasana pembelajaran yang bermakna.


Menurut Paulo Freire (1987:37) pembelajaran dengan pendekatan kontekstual  mempunyai karakteristik sebagai berikut.

1). Pembelajaran  dilaksanakan  dalam  konteks  autentik,  yaitu  pembelajaran  yang  diarahkan  pada  ketercapaian  keterampilan  dalam  konteks  kehidupan nyata  atau pembelajaran yang dilaksanakan dalam lingkungan yang alamiah. 

2). Pembelajaran  memberikan  kesempatan  kepada  siswa  untuk  mengerjakan  tugas - tugas yang bermakna. 

3). Pembelajaran   dilaksanakan   dengan   memberikan   pengalaman   bermakna  kepada siswa. 

4) . Pembelajaran   dilaksanakan   melalui   kerja   kelompok,   berdiskusi,   saling  mengoreksi antar teman. 


5). Pembelajaran memberikan kesempatan untuk menciptakan rasa kebersamaan,  bekerja  sama,  dan  saling  memahami  antara  satu  dengan  yang  lain  secara  mendalam. 

6). Pembelajaran dilaksanakan secara aktif, kreatif, produktif, dan mementingkan  kerja sama. 

7). Pembelajaran dilaksanakan dalam situasi yang menyenangkan.
Author Image

About Author

LIHAT ABOUT DI ATAS

KATEGORI Metode Pembelajaran JUDUL Download Keunggulan dan Karakteristik Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://www.guruberbahasa.com/2016/05/keunggulan-dan-karakteristik-pendekatan.html. Jangan Lupa Bagikan Keunggulan dan Karakteristik Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran ke teman-teman kalian , Terima Kasih!

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Tulis KOMENTAR yang tidak mengandung SARA DAN P*RN*GRAFI.