Loading...

Menentukan KEISTIMEWAAN dan KETELADANAN Tokoh dalam Teks Biografi

Guruberbahasa.com- Cara Menentukan keistimewaan dan keteladanan tokoh dalam teks biografi 

Biografi merupakan catatan riwayat hidup seseorang yang di tulis oleh orang lain. Biografi berisi paparan hidup seorang tokoh dari kecil hingga  tua.Bahkan,tokoh tersebut meninggal dunia.semua jasa,hasil karya, dan segala kegiatan yang dituliskan atau dilakukan seorang tokoh juga dijelaskan dalam buku biografi.       

Tokoh dalam biografi tersebut memiliki keistimewahan dan keteladanan. Keistimewaan merupakan kelebihan khusus yang dimiliki oleh Tokoh dalam kehidupannya misalnya: Tokoh tersebut seorang penyanyi maka kelebihannya adalah memiliki suara yang merdu dan mengagumkan dengan suara khas yang tidak dimiliki oleh penyanyi lain hingga ia di gemari banyak orang. Keteladanan merupakan sikap sikap terpuji yang tergambarkan dalam biografi dan patut diteladani oleh pembaca.

Dalam biografi singkat  biasanya hanya dipaparkan tentang fakta-fakta dari kehidupan seseorang dan peran pentingnya sementara biografi yang panjang meliputi informasi-informasi penting namun dikisahkan dengan lebih mendetail dan tentunya dituliskan dengan gaya bercerita yang baik. Biografi yang menarik tergantung dari keahlian penulis mengkisahkan jalan hidup suatu tokoh secara mendetail dan tentunya tokoh itu harus memiliki keistimewaan tersendiri. Pembahasan Biografi memiliki keistimewaan dan keteladanan yang dapat menginspirasi kita. Keistimewaan merupakan klebihan khusus yang dimiliki oleh tokoh dalam kehidupannya sedangkan ketaladanan merupakan sikap-sikap terpuji yang tergambar dalam biografi dan patut diteladani oleh pembaca.

CONTOH 1:

B.J. Habibie

Habibie merupakan anak keempat dari delapan bersaudara, pasangan Alwi Abdul Jalil Habibie dan R.A. Tuti Marini Puspowardojo. Alwi Abdul Jalil Habibie lahir pada tanggal 17 Agustus 1908 di Gorontalo dan R.A. Tuti Marini Puspowardojo lahir di Yogyakarta 10 November 1911. Ibunda R.A. Tuti Marini Puspowardojo adalah anak seorang spesialis mata di Yogya, dan ayahnya yang bernama Puspowardjojo bertugas sebagai pemilik sekolah. B.J. Habibie adalah salah satu anak dari tujuh orang bersaudara.

B.J. Habibie menikah dengan Hasri Ainun Besari pada tanggal 12 Mei 1962, dan dikaruniai dua orang putra, yaitu Ilham Akbar dan Thareq Kemal.

Sebelumnya ia pernah berilmu di SMAK Dago. Ia belajar teknik mesin di Institut Teknologi Bandung tahun 1954. Pada 1955-1965 ia melanjutkan studi teknik penerbangan, spesialisasi konstruksi pesawat terbang, di RWTH Aachen, Jerman Barat, menerima gelar diplom ingenieur pada 1960 dan gelar doktor ingenieur pada 1965 dengan predikat summa cum laude. Habibie merupakan orang yang memiliki daya juang dan semangat untuk belajar yang sangat tinggi sehingga dia mampu menyelesaikan pendidikannya yang terbilang sangat sulit untuk dijalani.

Keistimewaan tokoh:
Mampu mendapatkan gelar doktor ingenieur dengan predikat summa cum laude.
Teladan tokoh : Memiliki daya juang dan semangat untuk belajar yang sangat tinggi.

CONTOH SOAL:

Habiburrahman El Shirazy merupakan sosok fenomenal dalam dunia sastra negeri ini. Beberapa karyanya, antara lain Ayat-ayat Cinta dan Ketika Cinta Bertasbih, berhasil mendapat sambutan luar biasa dari pembaca novel tanah air. Bahkan karya-karyanya telah dibuat dalam bentuk film dan sinetron.

Menurut Kang Abik, demikian panggilan akrab para penggemar kepadanya, ia dapat membuat beberapa novel dalam satu waktu. Ibarat makan, katanya, bosan jika harus makan satu menu terus dalam beberapa hari. Strategi selang-seling dalam menulis novel Islaminya ia jalani untuk menghindari kejenuhan.

Pria kelahiran Semarang, 30 September 1976 ini, mengaku tidak kesulitan membuat novel dalam waktu bersamaan karena ia menulis sesuatu yang diketahui dan dekat dengan kehidupan.

Sejak sekolah, ia telah banyak membaca dan menulis. Bahkan ia sering mendapat penghargaan atas tulisan ilmiah kala itu. Saat kuliah S2 harus terus berlanjut, beasiswa yang diberikan sudah dihentikan. Ia memutar otak bagaimana cara mendapatkan uang. Pertama, ia menerjemahkan tulisan ilmiah dan non-ilmiah dari bahasa Arab ke Inggris. Pekerjaan dilakukan rutin dan tekun serta disiplin waktu.


1. Keistimewaan tokoh dalam biografi tersebut adalah ...

A. Karya-karyanya sudah banyak dibuat dalam bentuk film.
B. Beliau sudah gemar membaca dan menulis sejak muda.
C. Beliau dapat menulis beberapa novel dalam satu waktu
D. Dapat menerjemahkan buku dari bahasa Arab dan Inggris. 
-
Loading...