Loading...

PENGERTIAN BAHASA Menurut Beberapa Ahli Bahasa

Guruberbahasa.com- PENGERTIAN BAHASA

Pada  manusia  bahasa  ditandai  oleh  adanya  daya  cipta  yan g  tidak  pernah  habis  dan  adanya  sebuah  aturan.  Daya  cipta  yang  tidak  pernah  habis  ialah   suatu   kemampuan   individu   untuk   menciptakan   sejumlah   kalimat  bermakna yang tidak pernah berhenti dengan menggunakan seperangkat kata  dan aturan yang terbatas, yang menja dikan bahasa sebagai upaya yang sangat  kreatif. Dengan demikian bahasa dapat diartikan sebagai suatu sistem simbol  yang digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain. 

Di  samping  itu  bahasa  dapat  dimaknai  sebagai  suatu  sistem  tanda,  baik  lisan  maupun  tuli san.  Bahasa  merupakan  sistem  komunikasi  antar  manusia. Bahasa  mencakup  komunikasi  non-verbal  dan  komunikasi  verbal.  Bahasa  dapat  dipelajari  secara teratur  tergantung  pada  kematangan  serta  kesempatan belajar yang dimiliki seseorang. 

Bahasa mempunyai  beberapa pengertian.  Menurut  Oxford Advanced  Learner  Dictionary  bahasa  adalah  suatu  sistim  dari  suara,  kata,  pola  yang  digunakan  oleh  manusia  untuk  berkomunikasi  melalui  pikiran  dan  perasaan.  

Sedangkan  menurut  pandangan  Hurlock  (1978:  176)  bahasa  adalah  sarana  komunikasi dengan menyimbolkan pikiran dan perasaan untuk  menyampaikan makna kepada orang lain. 

Syamsu   Yusuf   (2007:   118)  mengatakan  bahwa  bahasa  adalah  sarana  berkomunikasi  dengan  orang  lain.  Dalam  pengertian  ini  tercakup  semua  cara  untuk  berkomunikasi,  dim ana  pikiran  dan  perasaan  dinyatakan  dalam  bentuk  lambang  atau  simbol  untuk  mengungkapkan suatu pengertian. 

Dari  beberapa  definisi  bahasa  yang dikemukakan  di  atas  dapat  di  simpulkan bahwa  bahasa  adalah  suatu  alat  komunikasi  yang  digunakan  melalui   suatu   sistem   suara,   kata,   pola   yang   digunakan   manusia   untuk  menyampaikan  pertukaran  pikiran  dan  perasaan.  Bahasa  dapat  mencakup  segala  bentuk  komunikasi,  baik  yang  diutarakan  dalam  bentuk  lisan,  tulisan,  bahasa isyarat, bahasa gerak tubuh, dan ekspresi wajah.


PENGERTIAN BAHASA MENURUT PARA AHLI


DEPDIKNAS 2005 
Bahasa merupakan sebuah ucapan yang berasal dari perasaan serta pikiran manusia yang disampaikan secara teratur dan dengan memakai bunyi sebagai mediumnya. 

Harun Rasyid, Mansyur dan Suratno 
Bahasa ialah struktur serta makna yang terbebas dari penggunanya sebagai sebuah tanda guna menyimpulkan maksud dan tujuannya. 

Hasan Alwi 
Bahasa merupakan sistem lambang bunyi yang arbitrer dimana dapat untuk dimanfaatkan semua orang dalam berinteraksi, bekerjasama, serta mengenali diri terhadap percakapan yang baik serta tingkah laku dan sopan santun. 

Bill Adams 
Bahasa merupakan sistem pengembangan psikologi setiap individu dalam konteks yang intersubjektif. 

Wittgenstein 
Bahasa ialah sebuah bentuk pemikiran yang dapat untuk dipahami serta mempunyai suatu hubungan dengan kenyataan, memiliki struktur, serta bentuk yang logis. 

D.P. Tambulan 
Bahasa ialah suatu cara guna memahami pikiran dan perasaan manusia serta untuk menyatakan isi dari pikiran dan perasaan tersebut. 

Ferdinand De Saussure 
Bahasa merupakan salah satu ciri yang menjadi pembeda, hal ini karena dengan memakai bahasa maka setiap kelompok yang ada pada masyarakat dapat menjadi dirinya sebagai kesatuan yang berbeda dengan kelompok lain. 

Plato 
Plato berpendapat bahwa pengertian bahasa adalah pernyataan yang ada pada pikiran seseorang dengan memakai perantaraan rhemata (ucapan) serta onomata (nama benda atau sesuatu) yang merupakan cerminan ide seseorang dalam arus udara dengan melalui media yaitu mulut. 

Bloch dan Trager 
Bahasa mempunyai struktur yang tersusun secara teratur tentang bunyi serta urutan bunyi bahasa yang mempunyai sifat manasuka serta dengan sistem tersebut sebuah kelompok sosial untuk bekerja sama. 

Sudaryono 
Bahasa merupakan sarana berkomunikasi secara efektif meskipun masih tidak sempurna sehingga ketidaksempurnaan bahasa tersebut dapat menjadi suatu sarana komunikasi yang menjadi sumber dari kesalahpahaman. 

Saussure 
Bahasa merupakan sebuah objek pada semiologi. 

MC. Carthy 
Bahasa merupakan praktik yang sangat tepat untuk dapat mengembangkan kemampuan dalam berfikir. 

William A. Haviland 
William A. Haviland berpendapat bahwa pengertian bahasa ialah sistem bunyi yang ketika digabungkan menurut aturan akan dapat menimbulkan arti yang dapat ditangkap oleh semua orang yang sedang berbicara dengan menggunakan bahasa tertentu. 

Tarigan 
Bahasa merupakan sistem yang tersusun secara sistematis yang kemungkinan dipakai pada sistem generatif serta menjadi lambang atau simbol yang arbitrer. 

Santoso 
Bahasa adalah rangkaian bunyi yang dikeluarkan melalui pengucapan manusia dalam saat kondisi sadar. 

Mackey 
Bahasa merupakan bentuk serta keadaan ataupun sistem lambang bunyi yang arbitrer atau berasal dari tatanan yang terdapat didalamnya berbagai sistem. 

Wibowo 
Bahasa adalah sistem persimbolan bunyi yang mempunyai berbagai makna dan artikulasi yang dihasilkan alat ucap secara arbitrer serta konvensional yang digunakan untuk alat berkomunikasi kepada sekelompok umat manusia supayat melahirkan perasaan dan juga pikiran. 

Walija 
Bahasa adalah alat untuk berkomunikasi yang sangat lengkap serta efektif guna untuk menyampaikan pesan, perasaan, maksud, ide, dan pendapat untuk orang lain. 

Syamsuddin 
Pengertian bahasa menurut syamsuddin adalah alat yang digunakan dalam membentuk perbuatan, pikiran, perasaan, serta keinginan dimana menggunakan alat untuk mempengaruhi dan dipengaruhi. 

Pengabean 
Pengertian bahasa menurut Pengabean, bahasa merupakan sistem yang dipakai untuk melaporkan serta menyampaikan segala yang berproses pada sistem saraf. 

Soejono 
Soejono berpendapat bahwa pengertian bahasa merupakan sarana untuk menghubungkan rohani yang penting dalam kehidupan secara bersama. 

Gorys Keraf 
Bahasa adalah alat untuk berkomunikasi satu sama lain dan berupa simbol bunyi yang berasalkan dari alat ucap yang dimiliki manusia. 

Finoechiaro 
Bahasa merupakan sistem simbol vokal yang arbitrer serta dapat memungkinkan semua orang untuk berada dalam suatu kebudayaan tertentu ataupun orang lain yang akan mempelajari sistem kebudayaan tersebut yaitu dengan cara berkomunikasi ataupun berinteraksi. Kamus Linguistic Bahasa ialah sistem lambang bunyi yang arbitrer yang dipakai oleh masyarakat dalam berinteraksi, mengidentifikasi diri, serta bekerjasama. 

Fodor 
Bahasa merupakan sistem tanda serta simbol yang saling berhubungan dengan memiliki sifat yang konvensional dimana mempunyai sifat ataupun ciri-ciri tertentu yang dipunyai pada situasi atau benda yang dimaksud tersebut. 

Bolinger 
Bahasa merupakan sistem fonem yang terbentuk karena perbedaan bunyi, sintaksis, serta sistem morfem untuk dapat mengungkapkan makna yang ada hubungannya dengan dunia luar, dunia luar yang dimaksud adalah kenyataan. Felicia Bahasa merupakan alat yang dipakai untuk berkomunikasi dan dapat berupa tulis ataupun tulisan. 

Owen 
Bahasa ialah sebuah sistem konvensional untuk menyampaikan konsep dengan melalui manfaat dari berbagai simbol yang diinginkan serta untuk mengkombinasikan segala simbol yang diatur dan juga mempunyai suatu ketentuan. 

Carrol 
Bahasa adalah sistem berstruktural tentang bunyi serta urutan bunyi bahasa yang
bersifat manasuka, yang dipakai ataupun dapat digunakan untuk berkomunikasi antar sesama sekelompok manusia dan secara agak tuntas untuk memberi nama kepada berbagai jenis benda, peristiwa, serta proses yang ada dalam lingkungan hidup umat manusia.

Harimurti Kridalaksana 
Bahasa adalah sistem bunyi yang memiliki makna serta digunakan dalam berkomunikasi antar sesama umat manusia.  

Referensi: http://woocara.blogspot.co.id
-
Loading...