Loading...

Tujuan Menulis Menurut Charlie, Semi (2007: 14)

Guruberbahasa.com- Tujuan Menulis

Setiap  jenis  tulisan  mengandung  beberapa  tujuan.  Maksud  atau  tujuan  penulis adalah  responsi atau  jawaban  yang diharapkan penulis  akan  diperolehnya  dari pembaca. Charlie (2008:111) mengemukakan bahwa penulis memiliki tujuan  te rtentu dalam penulisannya, yaitu: memberi informasi, mencerahkan jiwa, meng- abadikan  sejarah,  ekspresi  diri,  mengedepankan  idealisme,  mengemukakan  opini  dan teori, serta menghibur.   

Senada  dengan  pendapat  Charlie,  Semi  (2007:14)  merangkumkan  tujuan  menulis antara lain sebagai berikut.  

1. Untuk menceritakan sesuatu 

Menceritakan sesuatu kepada orang  lain  mempunyai  maksud agar orang  lain  atau pembaca tahu tentang apa yang dialami oleh yang bersangkutan.   

2. Untuk memberikan petunjuk atau pengarahan  

Memberi petunjuk atau pengarahan adalah apabila seseorang mengajari orang  lain bagaimana mengerjakan sesuatu dengan tahapan yang benar.  

3. Untuk menjelaskan sesuatu  

Apabila  siswa  membaca  berbagai  buku  pelajaran  sehari-hari,  tentu  buku  tersebut  berisi  berbagai  penjelasan.  Maka  tulisan  itu  dapat  digolongkan  ke  dalam tulisan yang bertujuan menjelaskan sesuatu.  

4. Untuk meyakinkan  

Ada  kalanya  orang  menulis  untuk  meyakinkan  orang  lain  tentang  pan- dangannya mengenai sesuatu karena seringkali seseorang merasa bahwa pan- dangan dan pendapatnya merupakan hal yang paling benar.   

5. Untuk merangkum  

Tujuan  menulis  semacam  ini,  umumnya  dijumpai  pada  kalangan  murid  sekolah,  baik  yang  berada  di  tingkat  dasar,  menengah,  maupun  di  perguruan  tinggi.  Dengan  menuliskan  rangkuman,  mereka  akan  sangat  tertolong  dan  mudah dalam mempelajari isi buku yang panjang dan tebal.  

Berdasarkan tujuan-tujuan  menulis di atas,  menulis  yang dilakukan dalam  penelitian  ini  bertujuan  untuk  menceritakan  sesuatu  yang  dipikirkan  penulis  agar  dapat  memberi  informasi  kepada  pembaca.  Informasi  yang  dimaksud  terangkum  dalam bentuk sebuah karangan narasi.
-
Loading...