Mini Website sebagai Sarana Berbagi Pengetahuan

Jenis-Jenis Resensi Buku Menurut Ahli Bahasa

Guruberbahasa.com/resensi

Jenis-Jenis Resensi Buku

Saryono (1997:61-63) membagi resensi buku berdasarkan sudut pandang atau sudut tinjauannya. Sudut pandang atau sudut tinjauannya yang digunakan adalah resensi berdasarkan media atau forum dan resensi berdasarkan isi resensi atau isi sajiannya. Berdasarkan media atau forumnya, resensi buku dibagi menjadi (1) resensi ilmiah, dan  (2) resensi ilmiah populer. 


Hal yang membedakan kedua resensi tersebut adalah bahasa dan tata cara penulisan yang digunakan. Dalam resensi ilmiah digunakan tata cara keilmuan tertentu, menggunakan rujukan atau acuan, dan bahasa resmi atau baku, serta yang dipaparkan selengkap-lengkapnya. Sementara itu, resensi ilmiah populer tidak menggunakan rujukan atau acuan tertentu. Selain itu, isi resensi seringnya hanya memaparkan bagian-bagian yang menarik saja. Penyajiannya pun tidak terlalu tunduk pada bahasa resmi atau baku.

Berdasarkan isi sajian atau isi resensinya, resensi buku digolongkan menjadi  (1) resensi informatif,  (2) resensi evaluatif, dan  (3) resensi informatif-evaluatif.

Resensi informatif hanya berisi informasi tentang hal-hal penting dari suatu buku. Pada umumnya, isi resensi informatif hanya ringkasan dan paparan mengenai apa isi buku atau hal-hal yang bersangkutan dengan suatu buku.

Resensi evaluatif lebih banyak menyajikan penilaian peresensi tentang isi buku atau hal-hal yang berkaitan dengan buku. Informasi tentang isi buku hanya disajikan sekilas saja, bahkan kadang-kadang hanya dijadikan ilustrasi. Sementara itu, resensi informatif–evaluatif merupakan perpaduan dua jenis resensi tersebut. Resensi jenis ini di samping menyajikan semacam ringkasan buku atau hal-hal penting yang ada di buku, juga menyajikan penilaian peresensi tentang isi buku. Resensi jenis ketigalah yang dapat dikatakan paling ideal karena bisa memberikan laporan dan pertimbangan secara memadai.

Selain jenis resensi di atas, masih terdapat jenis resensi yang lain. Hal ini diungkapkan oleh Samad (1997) yang membagi resensi menjadi dua jenis, yaitu resensi buku nonsastra dan resensi buku sastra. Dilihat dari namanya, jenis yang pertama pastilah membahas, memaparkan, dan menilai buku-buku nonsastra. Resensi buku nonsastra bisa disajikan secara informatif, evaluatif atau informatif-evaluatif. 

Berdasarkan pembagian jenis resensi di atas, penulis mengacu pada pendapat Samad (1997) yang membagi resensi menjadi dua jenis, yakni resensi buku sastra dan resensi buku nonsastra. Sementara itu, yang termasuk ke dalam buku nonsastra adalah buku pengetahuan.
Tag : Resensi
0 Komentar untuk "Jenis-Jenis Resensi Buku Menurut Ahli Bahasa"

Silakan Tulis KOMENTAR yang tidak mengandung SARA DAN P*RN*GRAFI.

Back To Top