Pengertian Resensi Buku Menurut Beberapa Ahli

-->
Guruberbahasa.com/resensi

Merujuk pada pengertian secara etimologi, Keraf (1994:274) mendefinisikan resensi adalah suatu tulisan atau ulasan mengenai nilai sebuah hasil karya atau buku. Resensi sebagai pertimbangan atau perbincangan tentang sebuah buku yang menilai kelebihan atau kekurangan buku tersebut, menarik-tidaknya tema dan isi buku, kritikan, dan memberi dorongan kepada khalayak tentang perlu tidaknya buku tersebut dibaca dan dimiliki atau dibeli. Perbincangan buku tersebut dimuat di surat kabar atau majalah. 



Pendapat ini diperkuat oleh Samad (1997:1) yang menyatakan bahwa tindakan meresensi buku dapat berarti memberikan penilaian, mengungkap kembali isi buku, membahas, atau mengkritik buku.

Pendapat yang berbeda diungkapkan oleh Saryono (1997:56) mengenai definisi resensi, yaitu sebuah tulisan berupa esai dan bukan merupakan bagian suatu ulasan yang lebih besar mengenai sebuah buku. Isinya adalah laporan, ulasan, dan pertimbangan baik buruknya, kuat lemahnya, bermanfaat tidaknya, benar salahnya, argumentatif tidaknya buku tersebut. Tulisan tersebut didukung dengan ilustrasi buku yang diresensi, baik berupa foto buku atau foto sampul buku. Pendapat lain menyatakan bahwa resensi adalah ulasan, pembicaraan atau pertimbangan buku (Suprapto, 1993: 48).

Sementara itu, Romli (2003) berpendapat bahwa resensi adalah tulisan yang dibagi menjadi tiga bagian, yaitu bagian pendahuluan, bagian isi, dan bagian penutup. Pada bagian pendahuluan berisi informasi mengenai identitas buku yang meliputi: judul, penulis, penerbit dan tahun terbitnya, jumlah halaman, dan harga buku jika diperlukan. Kemudian di bagian kedua berisi ulasan tentang tema atau judul buku, paparan singkat isi buku (mengacu kepada daftar isi) atau gambaran tentang keseluruhan isi buku, dan informasi tentang latar belakang serta tujuan penulisan buku tersebut. Terakhir adalah bagian ketiga,  di bagian ini terdapat simpulan mengenai perlu–tidaknya buku dipergunakan dan berisi pengungkapan saran yang mengacu pada perbaikan buku.

Berdasarkan beberapa pendapat di atas mengenai definisi resensi, penulis menyimpulkan bahwa resensi adalah suatu karangan atau tulisan yang mencakup judul, identitas buku, pembukaan dengan memaparkan kepengarangan, tema, golongan buku, isi atau tubuh resensi yang memaparkan ikhtisar, ulasan serta kutipan, dan kelemahan juga kelebihan buku, dan penutup kepada khalayak tentang perlu tidaknya buku tersebut dibaca, dimiliki, atau dibeli. Pendapat yang paling mendekati simpulan di atas menurut penulis adalah pendapat Romli (2003: 78–81)

0 Response to "Pengertian Resensi Buku Menurut Beberapa Ahli"

Post a Comment

Silakan Tulis KOMENTAR yang tidak mengandung SARA DAN P*RN*GRAFI.