Mini Website sebagai Sarana Berbagi Pengetahuan

Tujuan dan Fungsi Resensi Buku Menurut Para Ahli

Guruberbahasa.com/resensi

Tujuan Resensi Buku

Menurut Wahono, (2007: 64) pada dasarnya resensi bertujuan membantu para pembaca dalam menentukan pilihan perlu tidaknya ia membaca suatu buku, dan patut tidaknya buku tersebut mendapat sambutan dari masyarakat. Sama halnya dengan Keraf (1994:274), Ia berpendapat bahwa tujuan resensi adalah menyampaikan kepada para pembaca apakah sebuah buku atau hasil karya itu patut mendapat sambutan dari masyarakat atau tidak. Itulah sebabnya dalam meresensi buku harus terdapat informasi yang sangat penting dari buku tersebut. Dari mulai bentuk dan tebal buku, judul, pengarang, penerbit, cetakan, ukuran kertas, dan isi buku tersebut.


Karomani (2011:16) berpendapat bahwa dalam menulis resensi, khususnya yang berkaitan dengan tinjauan buku, seseorang hendaknya bisa membedakan antara tujuan tinjauannya dan tujuan dari buku yang diresensinya. Berkaitan dengan yang pertama, peresensi harus menjelaskan bagaimana pendapatnya sehubungan dengan buku tersebut. Peresensi harus meyakinkan para pembaca untuk membaca atau tidak membaca buku itu. Berkaitan dengan hal ini peresensi harus bersikap adil dan jujur, harus terhindar dari unsur subjektivitas yang berlebihan.

Fungsi Resensi Buku
Resensi buku memunyai berbagai fungsi. Hal ini bergantung pada siapa yang menggunakannya. Dilihat dari subjek penggunanya, Saryono (1997:58-59) membagi menjadi empat fungsi resensi, yaitu (1) fungsi resensi bagi penulis buku, (2) fungsi resensi bagi penerbit, (3) fungsi resensi bagi penerbit media massa, dan (4) fungsi resensi bagi pembaca khusus dan umum.

Pertama, bagi penulis, resensi buku dapat berfungsi untuk mendapatkan balikan dan saran tentang buku yang ditulisnya, memeroleh sejauh mana sambutan masyarakat terhadap buku yang ditulisanya, dan penerimaan atas buku yang ditulisnya.

Kedua, bagi penerbit, resensi buku berfungsi untuk memperkenalkan buku-buku yang diterbitkannya, memperhatikan sambutan dan penerimaan masyarakat atas buku yang diterbitkannya (unsur promosi), dan mendapatkan balikan dan saran demi kebaikan buku yang diterbitkannya.

Ketiga, bagi penerbit media massa, resensi buku dimanfaatkan sebagai berita khas yang memberikan informasi cukup cermat, teliti, memadai, dan menarik pembaca.

Keempat, para pembaca khusus memanfaatkan resensi untuk medium dalam menguji atau mengembangkan suatu topik atau masalah. Sementara itu, para pembaca umum menggunakan resensi sebagai sumber informasi dan panduan tentang buku-buku yang baik dan tidak, buku-buku yang perlu atau layak dibeli, dan buku-buku yang isinya patut diikuti atau diperhatikan.

Sementara itu, Samad (1997:2) berpendapat mengenai fungsi resensi dari dua segi, yaitu segi peresensi dan pembaca. Dari segi peresensi, manfaat resensi buku, yaitu (1) memberikan informasi atau pemahaman yang komprehensif tentang apa yang tampak dan terungkap dalam sebuah buku; dan (2) mengajak pembaca untuk memikirkan, merenungkan, dan mendiskusikan lebih jauh fenomena atau problem yang muncul dalam sebuah buku.

Dari segi pembaca, guna resensi di antaranya (1) memberi pertimbangan apakah sebuah buku pantas untuk dibaca atau dimiliki; dan (2) menjawab pertanyaan yang timbul ketika melihat buku baru terbit, seperti siapa pengarangnya, mengapa ia menulis buku, apa pernyataannya, bagaimana hubungannya dengan buku-buku yang sejenis karya pengarang yang sama, dan bagaimana hubungannya dengan buku-buku sejenis yang dihasilkan pengarang lain; (1) mendapatkan bimbingan dalam memilih buku; dan (2) mendapat informasi dengan mengandalkan resensi jika tidak ada waktu untuk membaca bukunya.

Selain memunyai berbagai manfaat, resensi juga memiliki kelebihan bila dibandingkan dengan tulisan lain, seperti berita, artikel, dan feature. Resensi lebih tahan lama atau tidak basi. Maksud pernyataan ini adalah jika seorang peresensi mengirimkan resensinya ke redaksi media massa atau majalah lalu dikembalikan oleh redaksi, resensi ini masih dapat dikirim ke media lain. Buku yang diresensi pun tidak harus yang baru terbit, minimal buku yang terbit setahun yang lalu.

Kelebihan berikutnya adalah dengan menulis resensi akan dapat menambah pengetahuan, wawasan berpikir, dan mengasah daya kritis. Dengan meresensi buku lalu mengirimkannya ke redaksi media massa dan dimuat, maka seseorang akan menerima honorarium pemuatan. Kelebihan tersebut dapat menjadi motivasi bagi para siswa untuk mengasah kemampuan dalam menulis resensi.
Tag : Resensi
0 Komentar untuk "Tujuan dan Fungsi Resensi Buku Menurut Para Ahli"

Silakan Tulis KOMENTAR yang tidak mengandung SARA DAN P*RN*GRAFI.

Back To Top