Loading...

Pengertian Teks Eksplanasi dan Fungsinya

Guruberbahasa.com/eksplanasi

Anderson & Anderson (2003:81) menyebutkan pengertian singkat tentang  eksplanasi. Menurut mereka, eksplanasi yaitu ungkapan baik secara lisan maupun  tulis tentang mengapa atau bagaimana suatu peristiwa terjadi. Menurut Wahidi  (2009) eksplanasi menjelaskan proses yang berkaitan dengan peristiwa alam,  sosial, sains dan fenomena budaya. Eksplanasi menjawab pertanyaan ‗mengapa‘  dan ‗bagaimana‘ suatu fenomena terbentuk atau terjadi. Eksplanasi banyak  ditemukan dalam ilmu pengetahuan, geografi, dan buku teks sejarah. 


Sedangkan  South Australia Departement of Education and Child Development (2012)  memberikan pengertian eksplanasi sebagai wacana yang menjelaskan urutan,  penyebab atau pemahaman teoretis dari fenomena atau peristiwa. Tujuannya yaitu   untuk menjabarkan secara logis dan menggambarkan peristiwa yang terjadi di dunia kita. Sebagai salah satu jenis teks, teks eksplanasi menjelaskan secara detail  dan logis peristiwa dalam alam, sosial, dan teknologi. 

Teks eksplanasi teks faktual digunakan untuk menjelaskan proses yang terjadi  dalam fenomena alam dan sosial atau bagaimana sesuatu bekerja. Eksplanasi lebih  pada menjelaskan tentang proses daripada hal-hal secara keseluruhan. Senada  dengan NWS Departement School and Education, Stubbs (2000:76) Tujuan teks   eksplanasi yaitu menjelaskan fenomena yang terjadi di dunia kita. Eksplanasi   menjelaskan bagaimana dan mengapa sesuatu terjadi.   

Dari berbagai pendapat di atas dapat diambil simpulan bahwa yang  dimaksud dengan teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan suatu kejadian  atau peristiwa baik peristiwa alam maupun peristiwa sosial. 

FUNGSI TEKS EKSPLANASI
 
Stubbs merinci fungsi teks eksplanasi itu sendiri menjadi:  

1. menjelaskan bagaimana sesuatu bekerja,  
2. menjelaskan mengapa sesuatu terjadi,  
3. membandingkan persamaan dan perbedaan,  
4. menjelaskan  pendekatan pemecahan masalah.  

Senada dengan Stubbs, Blake Education juga menjabarkan empat fungsi  teks eksplanasi.   

1. Eksplanasi menjelaskan urutan kejadian atau bagaimana sesuatu  bekerja.  
2. Eksplanasi  menjelaskan mengapa suatu hal itu terjadi.  
3. Eksplanasi dapat menjelaskan tentang persamaan dan perbedaan antara  obyek.  
4. Eksplanasi dapat menjelaskan bagaimana pendekatan atas masalah yang  akan diselesaikan.  

Blake Education (2006:50) menyebutkan bahwa teks eksplanasi ditulis  untuk menjelaskan bagaimana dan mengapa sesuatu terjadi, dalam hal ini lebih  pada  tentang tindakan bukan tentang suatu ihwal. Teks eksplanasi memainkan  peran berharga dalam membangun dan menyimpan pengetahuan. Penulisan  tentang teknologi dan sains sering dinyatakan dalam bentuk  teks eksplanasi.

Lebih lanjut lagi, Blake Education menerangkan bahwa  teks eksplanasi  berhubungan dengan ilmu pengetahuan dan  teknologi di mana teks eksplanasi  dari fenomena alam atau non–alam dieksplorasi, misalnya bagaimana televisi  bekerja, mengapa gempa bumi terjadi, bagaimana tornado terbentuk, dan  bagaimana suara bergerak melalui berbagai medium. Eksplanasi juga dikaitkan  dengan manusia, masyarakat, dan lingkungan yang mana eksplanasi ditulis untuk  menjelaskan tentang bagaimana kapas diolah menjadi pakaian, mengapa kita  harus berolahraga dan makan makanan yang sehat, dan bagaimana pengolahan  keju dari susu. Teks eksplanasi dapat menjadi bagian dari teks yang lebih besar.  Biasanya teks tersebut dapat ditemukan dalam laporan untuk menjelaskan  berbagai aspek informasi. Selain itu, teks ini juga sering ditemukan sebagai bagian integral dari teks prosedural yang menjelaskan kepada pembaca bagaimana  cara melakukan sesuatu dan teks eksplanasi merinci cara kerjanya. 
-
Loading...