Loading...

Jenis-Jenis Teks Eksplanasi Menurut Beberapa Ahli

Wahidi (2009) membagi dua tipe dasar teks eksplanasi.  

1. Teks eksplanasi yang menjelaskan  "bagaimana" misalnya bagaimana  kerja pompa, bagaimana komputer bekerja , bagaimana gunung terbentuk,  bagaimana laba-laba membuat jaring rumahnya;  

2. Teks eksplanasi yang menjelaskan "mengapa" misalnya mengapa beberapa  hal mengapung atau tenggelam, mengapa lapisan ozon semakin tipis,  mengapa besi menjadi berkarat, mengapa makhluk hidup membutuhkan  makanan. 


Sementara itu, NWS Departement School and Education (2012) membagi  empat jenis teks eksplanasi.  

1. Eksplanasi sequential, adalah eksplanasi yang berisi rincian tahapan dalam  sebuah fenomena, misalnya siklus hidup katak dan produksi minyak  

2. Eksplanasi kausal, adalah eksplansi yang berisi sebab perubahan dari satu  tahap ke tahap berikutnya, misalnya mengapa tsunami terjadi.  

3. Eksplanasi teoretis, adalah eksplanasi yang berisi kemungkinan di balik  fenomena alam/ proses yang tidak sepenuhnya dipahami, misalnya efek el  nino.  

4. Eksplanasi faktorial dan konsekuensial berisi efek dan hasil dari suatu  proses, misalnya pada ilmu pengetahuan yaitu eksplanasi penyebab  perubahan iklim (faktorial), pada sejarah misalnya efek dari kolonialiasasi  Spanyol.  

Lebih lengkap lagi, Polias (2006) memberikan lima tipe jenis teks  eksplanasi.  

1. Sequential explanation, menjelaskan fenomena fisik  dengan  menghadirkan  peristiwa dan memproduksi fenomena secara berurutan.  

2. Causal explanation, menjelaskan urutan suatu peristiwa atau fenomena   dengan alasan mengapa peristiwa tersebut terjadi.  

3. Factorial explanation, menjelaskan beberapa faktor yang berkontribusi  terhadap tertentu peristiwa atau fenomena.

4. Consequential explanation, menjelaskan efek atau konsekuensi dari  tertentu peristiwa atau fenomena.  

5. Theoretical explanation, penjelasan teoretis yang menggambarkan prinsip  teoretis.  

Dari berbagai penejalasan terebu dapat disimpulkan bahwa teks eksplanasi  terdiri atas berbagai jenis: 

1) sequential explanation (eksplanasi sequential) yaitu  teks eksplanasi yang menjelaskan proses urutan suatu fenomena atau peristiwa  terjadi, jenis teks eksplanasi lebih lebih cenderung menjawab bagaimana suatu  peristiwa bisa terjadi; 

2) causal explanation (eksplanasi kausal) yaitu teks eksplanasi yang menjelaskan proses mengapa suatu fenomena atau peristiwa  terjadi, jenis teks eksplanasi ini menjawab pertanyaan mengapa suatu peristiwa  bisa terjadi; 

3) eksplanasi faktorial yaitu teks eksplanasi yang menjaskan faktor- faktor yang berkontribusi pada suatu peristiwa yang terjadi; 

4) eksplanasi  konsekuensial yatu teks eksplanasi yang mejelaskan efek atau konsekuensi yang  terjadi karena suatu peristiwa; 

5) menjeaskan prinsip atau teori dari terjadinya  suatu peristiwa.  

Meskipun banyak terdapat berbagai jenis teks eksplanasi, ada beberapa  ketentuan jenis teks apa yang hasur diberikan kepada siswa sesuai dengan jenjang  pendidkannya. NSW Departement School and Education (2012) memberikan  ketentuan itu sebagai berikut.

1. Sekolah dasar kelas 1 s.d. 3, eksplanasi sequential sederhana yang  berhubungan dengan binatang atau proses yang umum.  

2. Sekolah dasar kelas 4 s.d. 6, eksplanasi kausal yang berhubungan dengan  fenomena alam atau fenomena biologis lainnya.  

3. Sekolah menengah pertama kelas 7 s.d 9, eksplanasi sequential dan kausal  yang berhubungan dengan topik atau sistem tertentu yang lebih spesifik. 

4. Sekolah menengah atas kelas 10 s.d. 12, eksplanasi kausal dan  teoritikal  yang mengacu pada teknik dan ilmu pengetahuan.
-
Loading...