Loading...

PIDATO Mengenal Budaya Daerah untuk Lebih Mencintai Indonesia

Guruberbahasa.com/PIDATO

Assalamualaikum wr. Wb.
Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua.

Mari kita mengucapkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena limpahan rahmat dan hidayah-Nya kita bias berkumpul di ruangan yang nyaman ini dengan keadaan sehat tanpa kekurangan sesuatu apa pun. Salawat dan salam senantiasa tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad saw. Yang kita nantikan syafaat beliau di hari akhir nanti.
 
Bapak Ibu guru yang saya hormati,
 
Perkenalkan Saya Mohammad Ridwan dari SD N Waya krui ingin menyampaikan sebuah pidato dengan tema Mengenal Budaya Daerah untuk Lebih Mencintai Indonesia.
 
Teman-teman,

Saat ini kita tentu sudah merasakan kalau hamper setiap orang bias membuka internet. Budaya-budaya asing yang tidak sesuai dengan budaya Indonesia masuk tanpa batas. Mulai dari cara bicara, cara berpakaian, maupun kebiasaan anak-anak. Tentu ini sangat berpengaruh kepada tersingkirkannya budaya Indonesia. Kalau kita sebagai genarasi muda saja sudah meninggalkan Budaya Indonesia, lalu siapa lagi nanti yang akan melestarikannya?

Teman-teman sekalian,

Banyak kita lihat kalau anak di Indonesia lebih bangga kalau dia mampu menyanyikan lagu Korea maupun bahasa asing lainnya. Terus kalau diminta menyanyikan lagu daerah justru tidak bias dan menganggap orang yang menyanyikan lagu daerah itu kuno dan kampungan. Ini sangat memprihatinkan karena kita sendiri justru tidak mengenal dan mencintai budaya sendiri.
Saya di sini mencoba mengajak kita semua untuk mulai mengenal budaya sendiri dan mencintainya. Bukan berarti kita tidak boleh mengenal budaya asing, ya. Itu boleh saja, tapi tanpa harus meninggalkan apalagi membenci budaya sendiri. Lalu apa yang harus kita lakukan?

Teman-teman,

Budaya Indonesia tidak kalah dengan budaya Asing. Justru Budaya kita jauh lebih beragam dan lebih indah. Kita harus bisa menunjukkan kebudayaan daerah sendiri pada negara lain, supaya mereka mengenal kebudayaan kita dan tertarik untuk mempelajarinya. Kita buat negara lain juga menyenangi budaya kita, sehingga kita bisa saling tukar mempelajari budaya.
 
MARI KITA CINTAI BUDAYA INDONESIA!
Saya akhiri, wassalamualaikum wr.wb
-
Loading...