Loading...

PIDATO Semangat Menjadi Insan Indonesia yang Membanggakan

Guruberbahasa.com/PIDATO

Assalamualaikum wr. Wb.
Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua.


Mari kita mengucapkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena limpahan rahmat dan hidayah-Nya kita bias berkumpul di ruangan yang nyaman ini dengan keadaan sehat tanpa kekurangan sesuatu apa pun. Salawat dan salam senantiasa tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad saw. Yang kita nantikan syafaat beliau di hari akhir nanti.

Bapak Ibu guru yang saya hormati,
Perkenalkan Saya Mohammad Ridwan dari SD N Waya krui ingin menyampaikan sebuah pidato dengan tema Semangat Menjadi Insan Indonesia yang Membanggakan.

Teman-teman dan Bapak Ibu guru yang saya hormati,

Siapa pun di dunia ini tentu ingin menjadi manusia yang membanggakan. Ketika kita ditanya cita-cita kita, tentu dari mulut kita akan mengeluarkan kalimat “saya ingin membanggakan kedua orangtua saya”. Tidak ada salahnya jawaban seperti itu. Kenapa? Itu karena orangtua kitalah yang sangat berjasa sehingga kita bias seperti sekarang, jadi minimal bisa membanggakan orangtua kita.

Sebagai seorang pelajar yang mengisi kemerdekaan, kita tidak usah terlalu jauh dahulu berpikir bahwa kita harus bias membanggakan Indonesia di mata dunia. Jika itu yang kita pikirkan, itu sangat baik. Namun, mulailah dengan hal yang kecil dan membanggakan orang terdekat seperti keluarga, teman, dan guru.

Bagi orangtua kita, kita tidak harus menjadi orang yang juara di kelas agar mereka bangga. Saya sangat yakin, kita berusaha menjadi anak yang menurut dengan orangtua saja itu sudah bias membuat orangtua kita bangga.

Teman-teman sekalian,

Kalau untuk menjadi orang yang dibanggakan di sekolah kita harus menjadi juara kelas, itu artinya di kelas hanya ada satu orang yang dibanggakan oleh guru. Namun, saya juga sangat yakin, guru akan bangga dengan kita walau tidak juara di kelas. Bagaimana caranya? Kita mengikuti perintah guru, sopan, rajin, dan melakukan perbuatan terpuji lainnya pun sudah bias membuat guru kita bangga dengan kita.

Jadi,
Mulailah membuat bangga diri sendiri dan orang terdekat kita. Mulailah melakukan hal-hal kecil yang membuat orang lain bangga. Karena sesuatu yang besar bias dimulai dari sesuatu yang kecil dahulu. Semua manusia bias menjadi manusia yang membanggakan dan dibanggakan oleh siapa pun.

Hanya itu yang bias saya sampaikan. Atas segala kesalahan saya mohon maaf. Saya akhiri Selamat Pagi.

Wassalamualaikum wr.wb
-
Loading...