Mini Website sebagai Sarana Berbagi Pengetahuan

Unsur-Unsur Intrinsik Drama dan Penjelasannya Lengkap

Unsur Intrinsik Drama 

Drama merupakan salah satu bentuk karya sastra dalam kesastraan Indonesia. Unsur-unsur intrinsik drama sebagai  berikut. 

1. Tokoh 

Tokoh adalah individu atau seseorang yang menjadi pelaku cerita. Tokoh dalam drama berkaitan dengan nama, usia, jenis kelamin, tipe fisik, jabatan, dan keadaan kejiwaan. Tokoh-tokoh dalam drama dapat diklasifikasikan seperti berikut ini. 


a. Berdasarkan sifatnya, tokoh diklasifikasikan sebagai berikut. 
1) Tokoh protagonis yaitu tokoh utama yang mendukung cerita. 
2) Tokoh antagonis yaitu tokoh penentang cerita. 
3) Tokoh tritagonis yaitu tokoh pembantu, baik untuk tokoh protagonis maupun untuk tokoh antagonis. 

b. Berdasarkan peranannya, tokoh diklasifikasikan menjadi tiga. 
1) Tokoh sentral yaitu tokoh-tokoh yang paling menentukan dalam drama. Tokoh sentral merupakan penyebab terjadinya konflik. Tokoh sentral meliputi tokoh protagonis dan tokoh antagonis. 
2) Tokoh utama yaitu tokoh pendukung atau penentang tokoh sentral. Dapat juga sebagai perantara tokoh sentral. Dalam hal ini adalah tokoh tritagonis. 
3) Tokoh pembantu yaitu tokoh-tokoh yang memegang peran pelengkap atau tambahan dalam mata rangkai cerita. Kehadiran tokoh pembantu ini menurut kebutuhan cerita saja. Tidak semua drama menampilkan kehadiran tokoh pembantu.

2. Perwatakan/Penokohan 

Perwatakan disebut juga penokohan. Perwatakan/penokohan adalah penggambaran sifat batin seseorang tokoh yang disajikan dalam cerita. Perwatakan tokoh-tokoh dalam drama digambarkan melalui dialog, ekspresi, atau tingkah laku sang tokoh. 
Watak para tokoh digambarkan dalam tiga dimensi (watak dimensional) sebagai berikut. 

a. Keadaan Fisik 
Keadaan fisik tokoh digambarkan melalui umur, jenis kelamin, ciri-ciri tubuh, cacat jasmani, ciri khas yang menonjol, suku, bangsa, raut muka, kesukaan, tinggi/pendek, kurus/gemuk, atau suka senyum/cemberut.

b. Keadaan Psikis 
Keadaan psikis tokoh meliputi: watak, kegemaran, mental, standar moral, temperamen, ambisi, psikologis yang dialami, dan keadaan emosi. 

c. Keadaan Sosiologis 
Keadaan sosiologis tokoh meliputi: jabatan, pekerjaan, kelas sosial, ras, agama, dan ideologi.

3. Setting atau Latar 

Setting atau tempat kejadian cerita sering disebut juga latar cerita. Setting meliputi tiga dimensi. 

a. Setting tempat Setting tempat adalah tempat terjadinya cerita dalam drama. Setting tempat tidak dapat berdiri sendiri. Setting tempat berhubungan dengan setting ruang dan waktu. 
b. Setting waktu Setting waktu adalah waktu/zaman/periode sejarah terjadinya cerita dalam drama. Setting waktu juga terjadi di waktu siang, pagi, sore, ataupun malam. 
c. Setting suasana Setting suasana adalah suasana yang mendukung terjadinya cerita. Setting cerita dapat didukung dengan  tata suara atau tata lampu saat pementasan drama. 

4. Tema 

Tema merupakan gagasan pokok atau ide yang mendasari pembuatan sebuah drama. Tema yang biasa diangkat dalam drama meliputi masalah percintaan, kritik sosial, kemiskinan, kesenjangan sosial, penindasan, ketuhanan, keluarga yang retak, patriotisme, perikemanusiaan, dan renungan hidup. 

5. Amanat atau Pesan Pengarang 

Amanat adalah pesan yang disampaikan pengarang kepada pembaca atau penonton melalui karyanya (termasuk drama). Setiap pembaca atau penonton dapat berbeda-beda dalam menafsirkan amanat drama. Amanat bersifat kias subjektif dan umum, sedangkan tema bersifat lugas, objektif, dan khusus. Amanat drama selalu berhubungan dengan tema drama.

6. Dialog (Percakapan) 

Ciri khas naskah drama berbentuk cakapan atau dialog. Dialog yang ditulis oleh pengarang naskah drama akan diucapkan di atas panggung jika dipentaskan. Berikut ini beberapa hal yang berkaitan dengan dialog dalam naskah drama. 

a. Dialog harus mencerminkan percakapan sehari-hari, karena drama merupakan mimetik (tiruan) dari kehidupan sehari-hari. 
b. Ragam bahasa dalam dialog drama menggunakan bahasa lisan yang komunikatif dan bukan ragam bahasa tulis. 
c. Diksi (pilihan kata) yang digunakan dalam drama harus berhubungan dengan konflik dan plot.
d. Dialog dalam naskah drama juga harus bersifat estetis, artinya memiliki bahasa yang indah. 
e. Dialog harus dapat mewakili tokoh yang dibawakan, baik watak secara psikologis, sosiologis, maupun fisiologis. 

7. Konflik 

Konflik adalah pertentangan atau masalah dalam drama. Konflik dibedakan menjadi dua, konflik eksternal dan internal. 

a. Konflik eksternal adalah konflik yang terjadi antara tokoh dengan sesuatu di luar dirinya. 

b. Konflik internal adalah konflik yang terjadi antara tokoh dengan dirinya sendiri. Anda telah mengetahui unsur-unsur intrinsik drama. 

Sekarang belajarlah menganalisis drama yang diperankan teman Anda!
0 Komentar untuk "Unsur-Unsur Intrinsik Drama dan Penjelasannya Lengkap"

Silakan Tulis KOMENTAR yang tidak mengandung SARA DAN P*RN*GRAFI.

Back To Top