Loading...

CONTOH KARANGAN DESKRIPSI TENTANG PEMANDANGAN TERBARU

Cantiknya Danau Biru di Antara Perbukitan

Siapa yang tidak kenal Bukittinggi? Kamu pasti sudah mendengarnya. Ya, kota ini merupakan salah satu tujuan wisata di Sumatra Barat. Para wisatawan banyak yang berkunjung ke kota ini karena sejarahnya. Konon, kota ini menjadi benteng kekuasaan Belanda pada saat Perang Padri (1821–1837). Oleh karena itu, banyak terdapat bangunan bersejarah peninggal an Belanda di kota ini. Selain itu, kota ini juga terkenal di Indonesia sebagai The Big Clock Town  atau Kota Jam Gadang. Jam yang ber ukuran  besar ini menjadi ciri khas Kota Bukittinggi dengan di kelilingi pohon-pohon besar yang me nambah indah pemandangan kota. Namun,  tidak banyak yang tahu tentang sebuah danau biru yang cantik di kota ini. Danau Maninjau namanya. 

Danau Maninjau terletak 38 km sebelah barat dari pusat Kota Bukittinggi. Jika menggunakan bus umum dari Bukittinggi cukup dengan mengeluarkan Rp2.000,00 untuk satu jam perjalanan. Airnya biru jernih dan bersih alami. Danau ini dikelilingi bukit-bukit yang indah sehingga menambah cantiknya peman dang an sekitar. Terletak 500 m di atas per mukaan laut dengan panjang danau 17 km, lebar 18 km, dan kedalaman danau sekitar 480 meter. 

Tempat ini juga sangat cocok untuk aktivitas berenang atau berkeliling dengan sepeda. Bukan hanya itu, bagi mereka yang memiliki jiwa petualang dan suka mendaki bukit, di sinilah tempat yang cocok untuk menya lurkan hobi tersebut.  Wisatawan dapat men daki Bukit Sakura dan Puncak Lawang hanya dalam waktu tiga jam saja. Di puncak bukit inilah wisatawan dapat mengagumi pe man dangan danau dan sekitarnya. Semua tam pak jauh lebih indah dari atas sana. 

Jika merasa waktu satu hari berkunjung di sini belum cukup, tidak perlu khawatir. Di tempat ini seperti layaknya taman wisata lain banyak terdapat penginapan yang meru pakan peng inapan dengan fasilitas memadai. Sepanjang danau ini pun banyak terdapat restoran dan coffee shop untuk dapat memenuhi kepuasan wisatawan yang ber kunjung. Cobalah datang pada akhir pekan karena sering digelar musik dan tarian tradisional khas Sumatra Barat untuk meng hibur pengunjung. 

Berwisata tampak kurang lengkap jika tidak membeli cenderamata atau oleholeh khas Sumatra Barat. Di Jalan H. Udin Rahmani, banyak terdapat toko yang menjual cenderamata. Lukisan rumah gadang dari bahan be ludru merupakan salah satu suvenir  yang paling banyak dicari wisatawan di tempat ini. Oleh karena itu, jika Anda berniat untuk berwisata ke Sumatra Barat jangan lupa untuk memasukkan Danau Maninjau ke dalam agenda perjalanan Anda, dijamin Anda tidak akan menyesal. 

Sumber: Harian Umum Pikiran Rakyat, 18 Januari 2005

Berdasarkan contoh tulisan tersebut, dapatkah Anda merasakan dan membayangkan keindahan Danau Maninjau? Dalam tulisan tersebut banyak penjelasan yang menggambarkan keindahan alam Bukittinggi. Misalnya, dalam kalimat berikut. 

Airnya biru jernih dan bersih alami. Danau ini dikelilingi bukit-bukit yang indah sehingga menambah cantiknya pemandangan sekitar. 

Karangan deskripsi (lukisan) dapat dibedakan atas deskripsi spasial dan deskripsi objektif. Deskripsi spasial merupakan upaya penggambaran suatu ruang atau tempat tertentu agar pembaca merasakan seolah-olah melihat sendiri ruang atau tempat tersebut. Sementara itu, deskripsi objektif adalah penggambaran suatu hal dengan mengungkapkan perincian identitas hal tersebut secara apa adanya sehingga pembaca dapat membayangkan keadaan yang dideskripsikan tersebut.
-
Loading...