Mini Website sebagai Sarana Berbagi Pengetahuan

Teks Eksplanasi tentang Global Warming (Pemanasan Global)

.
.
Loading...
Pemanasan Global (Global Warming)

Global warming merupakan sebuah peningkatan suhu permukaan bumi dan merupakan akibat dari efek rumah kaca. Efek rumah kaca adalah sebuah istilah untuk mendefinisikan terperangkapnya karbondioksida sehingga menyebabkan bumi menjadi panas. Semakin lama, maka pemanasan global akan semakin meningkat dan iklim di dalam bumi akan terus berubah menjadi semakin panas. Anda tentu merasakan bahwa saat ini suhu yang ada di bumi terasa begitu panas di siang hari. Kemudian, kita semua pasti berpikir bahwa ada masalah dengan perubahan iklim dimana semuanya menjadi tidak teratur dan musim yang terjadi di bumi tidak bisa diprediksi seperti beberapa tahun yang lalu. Anda perlu tahu bahwa keteraturan tersebut disebabkan oleh global warming.

Secara detail, pemanasan global disebabkan oleh aktivitas manusia. Saat ini banyak didirikan berbagai jenia pabrik yang menghasilkan karbondioksida sebagai limbah mereka. Ketika banyak pabrik didirikan, maka semakin banyak pula karbondioksida yang dihasilkan. Tumbuhan merupakan satu-satunya elemen yang bisa menyerap karbondioksida dan kemudian mengubahnya menjadi oksigen. Kendati demikian, tumbuhan yang ada di bumi terus berkurang karena penebangan liar, kebakaran hutan, dan pengalihan hutan sebagai tempat pemukiman penduduk. Semua itu menyebabkan jumlah tumbuhan terus berkurang dan tidak mampu menyerap seluruh karbondioksida secara maksimal. Akibatnya, karbondioksida terperangkap di bumi dan menghasilkan suhu udara yang panas. Salah satu efek yang terlihat dari pemanasan global adalah es di kutub yang terus mencair sehingga bisa membanjiri garis pantai yang ada di seluruh dunia.

Ada berbagai hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi pemanasan global. Pertama, setidaknya tanam satu pohon di halaman rumah Anda. Ketika satu rumah menanam satu batang pohon, maka dari 1000 rumah, akan ada 1000 batang pohon. Hal itu hampir sama dengan sebuah area hutan yang luas. Pohon yang Anda tanam di halaman rumah, bisa membuat rumah Anda nyaman dan sejuk. Oleh karena itu, sejak Anda membaca tulisan ini, maka tanamlah pohon apapun di depan rumah Anda dan jangan menebang pohon sembarangan.



Kedua, Anda disarankan untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi. Tentu Anda tahu bahwa kendaraan menghasilkan karbondioksida. Artinya, semakin banyak kendaraan pribadi, maka semakin banyak karbondioksida yang diproduksi. Sementara itu, karbondioksida merupakan penyebab utama pemanasan global. Hal tersebut mengharuskan kita menggunakan kendaraan umum daripada kendaraan pribadi sehingga penggunaan kendaraan tidak semakin banyak. Ketiga, Anda seharusnya menggunakan ventilasi rumah daripada AC. Ketika Anda menggunakan AC, maka akan ada gas CFC yang dihasilkan dan itu membuat intensitas pemanasan global semakin meningkat. Gunakan ventilasi yang cukup, kemudian tanam beberapa pohon di pekarangan rumah Anda, maka hal itu membuat rumah Anda semakin sejuk.

sumber: belajarbahasainggrisku.com
Loading...
Back To Top