Mini Website sebagai Sarana Berbagi Pengetahuan

CONTOH SOAL Melengkapi Unsur Teks Eksposisi, Deskripsi, dan Prosedur. UN SMA

Guruberbahasa.com-Melengkapi Unsur Teks Eksposisi, Deskripsi, dan Prosedur. 

Dampak paling nyata dari bencana asap adalah masalah kesehatan. Lebih dari tiga bulan terpapar udara bercampur asap membuat daya tahan masyarakat kian menurun. - See more at: http://www.indopos.co.id/2015/10/bantuan-kesehatan-untuk-korban-kabut-asap-kembali-dikirim.html#sthash.tW3Wyzeo.dpuf

1. Perhatikan kutipan berikut!
Dampak paling nyata dari bencana asap adalah masalah kesehatan. Lebih dari tiga bulan terpapar udara bercampur asap membuat daya tahan masyarakat kian menurun.[...] Beberapa bantuan yang akan didistribusikan meliputi 125 ribu masker ke 97 kabupaten/kota terdampak, makanan tambahan 11 ton, alat penjernih air, serta 4482 oximetry (alat cek denyut jantung) dan sontheimer (alat menghitung kecepatan pernapasan anak-anak yang diperkirakan menderita ISPA. Selain itu, 70 unit alat penjernih udara (air purifier) untuk rumah sakit, oksigen konsentrate dan 500 unit kit penanggulangan asap ke puskesmas-puskesmas.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf eksposisi di atas adalah....

A. Keadaan semakin parah, pemerintah tidak bisa berdiam diri melihat daerah-daerah terdampak kabut asap.
B. Melihat kondisi yang kian menghawatirkan, Menkes langsung menginstruksikan untuk kembali mengirim tambahan bantuan ke daerah-daerah terdampak kabut asap.
C. Bantuan-bantuan tambahan dari Pemerintah sangat bermanfaat bagi masyarakat yang tinggal di daerah terdampak kabut asap.
D. Kondisi semakin memprihatinkan, pemerintah daerah dan provinsi wajib meliburkan siswadi daerah terdampak kabut asap.
E. Pemerintah akan memberi Bantuan Santunan Kematian kepada korban meninggal akibat bencana asap.

JAWABAN: B

2. Perhatikan kutipan berikut!
Kamar Akila lumayan luas dan tertata dengan rapi. Di dekat jendela kamar terdapat sebuah tempat tidur kayu jati. Kasur di tempat tidur itu ditutupi seprei dengan motif bintang laut berwarna biru muda. Meja belajar dengan rak buku tersusun rapi di sebelah kanan tempat tidur. [....] Lemari itu memiliki kaca dan berwarna cokelat tua.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf deskripsi tersebut adalah....

A. Meja rias dan alat-alat kecantikan terletak di sudut kamar.
B. Akila memiliki beberapa pakaian yang digantung di belakang pintu.
C. Di lantai kamar terbentang permadani bermotif kartun anak-anak.
D. Sebuah lemari pakaian diletakkan di sebelah kiri meja belajar.
E. Di atas meja belajar terdapat beberapa telepon selular.

JAWABAN: D 

3. Cermati Paragraf Berikut!
 Cara Menghubungkan Komputer dengan Internet Menggunakan Modem Eksternal

1) Pertama, siapkan satu unit computer dan modem eksternal usahakan modem dalam keadaan baik dan sudah diisi pulsa. 2) Pastikan juga terdapat port yang bisa digunakan untuk menyambungkan modem dan pastikan pula, computer menyala. 3) Jika modem dan computer siap, colokkan modem pada port. Lalu computer akan secara otomatis mendeteksi keberadaan modem. 4) Apabila modem sudah terdeteksi maka program modem akan muncul dan kita bias langsung menyambungkan computer ke internet. 5) [....] 6) Selanjutnya, tunggu sampai proses pemasangan selesai dan program modem siap digunakan. 7) Lalu, bukalah program modem dan klik “connect” untuk memulai proses penyambungan. 8) Setelah proses penyambungan berhasil maka internet siap digunakan.

Kalimat Nomor 5 depat dilengkapi dengan langkah....

A. Jika terdapat beberapa jenis program modem, pilih jenis modem yang akan digunakan dengan cara klik set up installer modem.
B. Apabila modem telah selesai diistall, carilah informasi yang anda inginkan dengan cara memasukkan kata kunci di mesin pencari.
C. Namun, bila program modem belum terinstal maka kita harus menginstalnya terlebih dahulu. Bukalah modem, lalu klik setup installer modem (program untuk menginstal modem). 




D. Anda harus bersabar menunggu karena proses pemasangan program modem memerlukan waktu begitu lama.
E. Sebelum proses pemasangan program modem sebaiknya Anda mematikan komputer terlebih dahulu agar penginstalan berjalan lancar.

JAWABAN: C

CONTOH KARANGAN EKSPOSISI DI SINI
Back To Top