Loading...

Struktur Teks Eksplanasi yang Benar

Menurut Blake Education, struktur teks eksplanasi yaitu sebagai  berikut.   

1. Judul  

Teks eksplanasi memiliki judul yang mempersiapkan dan mengarahkan  pembaca terhadap teks yang akan mereka baca. Judul dapat terbentuk dari  nama-nama yang akan dijabarkan dalam teks eksplanasi.  


2. Pernyataan umum  

Paragraf pertama memiliki pernyataan umum yang memperkenalkan atau  mengidentifikasi ilmiah atau fenomena teknis. Hal ini bertujuan untuk  mengenalkan kepada pembaca peristia singkat dan pemahaman terhadap  jenis teks yang akan disajikan berikutnya secara berurutan.  

3. Serangkaian paragraf sequencing atau rincian  

Pada tahap ini penulis mengembangkan hubungan kausal yang berurutan.  Paragraf Logis sequencing (tahapan yang logis) menjelaskan mengapa  atau bagaimana sesuatu terjadi daripada berfokus pada objek itu. Urutan  penjelasan harus terdiri atas rangkaian kejadian, tindakan, penyebab atau  proses yang berfokus pada jenis teks. Rangkaian tindakan, penyebab atau  kejadian dihasilkan dalam fenomena eksplanasi tertulis. 

Kejadian mungkin  terkait sesuai dengan waktu atau penyebab atau melalui keduanya.  Semuanya harus rinci dan akurat, harus dipastikan bahwa semua elemen  telah dimasukkan. Urutan perkembangan dijelaskan dengan  bagaimana  peristiwa terjadi selama periode waktu: pertama hal ini terjadi dan  kemudian ini diikuti dengan kejadian berikutnya. Penting bagi penulis  selain meneliti fakta-fakta, penulis juga  memahami alasan mengapa  kejadian tersebut terjadi. Perhatian harus difokuskan pada menulis alasan  ini di penjelasan mereka. Selain itu penulis harus menyadari bahwa  mereka perlu membuat keputusan yang bijaksana tentang apa yang harus  ditulis dan sistematika penyajian informasi. Dalam tahap ini umumnya  tidak ada manusia yang terlibat dalam proses peristiwa.  

4. Paragraf penutup berlabel diagram dan diagram alur  

Sebuah pernyataan penutup merupakan pilihan yang dapat mengikat  penjelasan. Flow chart (diagram dengan keterangan) dapat digunakan  untuk mengklarifikasi informasi atau untuk menambahkan informasi yang  tidak termasuk dalam penjelasan. Khususnya dalam teks ilmiah diagram  yang akurat dan ilustrasi, penting karena mereka mendukung teks. Penulis  dapat  melakukan riset topik, membuat catatan , menggambar diagram dan  membuat gambar. 

South Australia Department of Education and Child  Development menambahkan bahwa grafik (misalnya diagram alur,  diagram) bisa menjadi bagian penting dari teks eksplanasi. Dalam  hubungannya dengan teks tertulis, grafik dapat mengklarifikasi atau  memperluas informasi. Grafik juga dapat diintegrasikan ke dalam seluruh  teks dalam berbagai cara (misalnya penempatan yang tepat, penggunaan  konsisten terminologi, rujukan ke grafis dalam teks tertulis).
-
Loading...