Loading...

4 CONTOH PARAGRAF DESKRIPSI SPASIAL SINGKAT

Paragraf deskripsi spasial, yaitu paragraf yang melukiskan ruang atau tempat berlangsungnya suatu peristiwa. (P.Tukan.2007:31)

Contoh 1

Ruangan berukuran 9m x 8m ini sungguh sangat nyaman ditempati. Sebuah sofa empuk berwarna putih dengan meja kayu berada di tengah ruangan. Sementara itu, rak buku berisi beberapa novel dan buku-buku ilmiah diletakkan mepet dengan dinding sebelah selatan bersanding dengan sebuah pot berisi pohon palem kecil yang seakan-akan menyatu dengan tembok yang dicat dengan warna hijau muda. Diluar ruangan, terdapat sebuah kolam kecil berukuran 2,5m x 2m berisi beberapa ikan koi yang berseliweran. Suara gemericik air dari kolam menambah sejuknya suasana di ruang tamu milik Pak Toni ini.


Contoh 2

Sungai merupakan tempat bertemunya air dari parit- parit kecil di sekitar daerah tersebut.diantaranya adalah sungai Ciliwung yang merupakan tempat bertemunya beberapa sungai kecil di Jakarta. Sungai ini terletak di Jakarta Selatan. Sungai ciliwung juga mengalir di bawah jembatan besar tempat menghubungkan beberapa daerah. Keadaan sungai ini sebenarnya sangat besar, dan dapat di jadikan sebagai pemandangan yang indah. Tetapi keadaannya tidak di manfaatkan dengan baik, melainkan digunakan sebagai tempat pembuangan sampah dan limbah-limbah pabrik yang ada di sekitarnya sehingga sungai ini sangat kotor, bau, dan airnya berwarna biru kehitaman. Walaupun demikian sungai ini tetap di manfaatkan oleh beberapa penduduk di sekitar sungai ini. Contohnya untuk mencari barang-barang bekas bagi pemulung, tempat mencari ikan, mencuci dan lain-lain. Dalam penelitian sebenarnya keadaan air di sungai ini sudah tidak layak guna lagi, bahkan air ini bila digunakan terus menerus juga dapat berakibat fatal bagi penggunanya. Di tepi-tepi sungai terdapat banyak rumah warga yang juga sangat memperihatinkan. Bahkan keadaannya sangat reot, kumuh, kotor, dan tidak sedikit pula yang di bawah rumahnya tersangkut sampah-sampah plastik. Itu semua pula yang menjadikan sungai ciliwung tidak sedap untuk di pandang mata.

Contoh 3

Bangunan Gedung Olahraga baru itu dibangun di atas tanah seluas setengah hektar. Bangunan itu berbentuk lingkaran dengan luas sekitar 500 m2. Jika dilihat dari luar gedung ini tampak seperti setengah bola yang diletakkan di atas lantai. Sebuah patung orang yang sedang memanah berdiri tegak di depan gedung yang berwarna biru dan putih itu. Di sekitar gedung itu juga terdapat jalur lari yang mengelilingi bangunan utama gedung. Sedangkan di dalamnya terdapat lapangan-lapangan yang bisa digunakan sebagai tempat olahraga futsal, bulu tangkis, dan basket. Gedung ini dilengkapi dengan pencahayaan yang baik dengan 100 lampu tembak yang besar diletakkan di atasnya. Gedung ini juga memiliki kursi sejumlah 10000 kursi bagi para penonton. Selain itu, gedung itu juga dilengkapi fasilitas lain seperti kamar ganti, ruang official, toilet, dan ruang medis.  

Contoh 4

Dua buah sofa panjang berada diantara karpet bermotif abstrak dengan warna dominan hijau, kedua sofa tersebut ditempatkan secara berhadapan dengan mengapit meja kayu kecil diatas karpet. Tepat diatas sofa-sofa tersebut, terdapat meja belajar yang menghadap ketimur, sehingga ruang diantara meja kecil dengan meja belajar berhimpit menjafi satu. Selain meja belajar, pada sebelah meja kiri sofa yang menghadap kebarat, terdapat meja dengan satu set perangkat komputer. Hanya dengan dua buah lampu neon dengan masing-masing lampu berukuran 16 watt sudah dapat menghiasi seluruh perabot.

DOWNLOAD SEMUA?
-
Loading...